Ini Dia Ornamen Pada Rumah Joglo

By | 06/10/2022

Struktur bangunan rumah adat Joglo dibagi menjadi beberapa bagian seperti pendopo, pinggitan, omah, senthong, padepokan, saka, gandhok, dan bagian belakang rumah. Berikut penjelasannya:

1. Pendopo : yaitu teras depan rumah yang cukup luas berfungsi sebagai pendopo atau ruang jamu tamu.

2. Pinggitan : yaitu ruang tengah dengan bentuk atap berupa limas, biasanya untuk menjamu saudara dekat atau kerabat pemilik rumah.
Omah : yaitu ruang kumpul keluarga yang letaknya di bagian dalam atau disebut juga dengan omah ndalem. Biasanya mempunyai bentuk limasan dengan lantai yang lebih tinggi.

3. Senthong : yaitu ruang dalam seperti dapur, kamar, kamar mandi, serta gudang untuk menyimpan hasil tani. Senthong ini dapat terletak di sisi kanan, kiri, dan tengah rumah.

4. Saka : yaitu tiang-tiang yang digunakan untuk menyangga bangunan rumah secara keseluruhan. Biasanya rumah adat Joglo mempunyai 4 tiang penyangga.

5. Gandhok : yaitu bangunan yang terletak di kiri dan kanan rumah, digunakan untuk tempat tidur keluarga dan tamu yang berkunjung.
Bagian belakang rumah : bagian belakang rumah bisa digunakan untuk kamar mandi, sumur, dan dapur. Biasanya sumur dibangun di sebelah timur rumah.

sumber merdeka.com
‐————————
Dukung kami
@adijualgebyok
@rumahjogloantik
@gebyoklawasan